welcome

SELAMAT DATANG DI BLOG YANG ASIK #ASSIIIK.

Kamis, 12 April 2012

Contoh Resensi Novel : FORGIVEN by Morra Quatro


RESENSI NOVEL
FORGIVEN
FORGIVEN
KELOMPOK 2

·         AIDA RAHMANIA
·         CIARA HELEN
·         CITA RAHMADYAS PUTRI
·         FARDILLA FITRIYANI S
·         WURI HAMUMPUNI
XI IPA CI



BAHASA INDONESIA


RESENSI NOVEL “FORGIVEN”
Judul buku   : forgiven
Pengarang   : Morra Quatro
Penerbit       : Gagasmedia
Tahun           : 2010
Tebal           : 265 hal.
Kategori       : Novel (fiksi)

Morra Quatro. Lahir di Bangka, 8 Desember 1980. Sekarang tinggal di Jakarta, setelah di Jogja selama 10 tahun. Anak kedua dari lima saudara. Senang menulis sejak remaja. Tapi mulai serius menekuninya sejak tahun 2007, ketika bergabung dengan sebuah komunitas menulis online. Forgiven adalah buku pertamanya.
Karla, seorang perempuan yang senang bergaul dengan laki – laki. Ia memiliki 5 sahabat lelaki yaitu Will, Alfan, Laut, Wahyu, dan Robby. Namun ia mendapati dirinya ternyata tidak benar – benar mengenal mereka. Banyak hal dari seorang laki – laki yang tidak bisa dibagi dengannya. Tetapi, salah satu diantara teman lelakinya, Will, seorang maniak fisika, setia kawan, dan pemuja champagne supernova itu telah membuatnya jatuh cinta. Entah sejak kapan.
Setelah lulus dari SMA 8 Yogyakarta, mereka meneruskan pendidikannya di universitas masing – masing. Will diterima di UGM, tetapi entah mengapa ia justru hilang setelah kelulusan dan hal itu membuat Karla sangat sedih. Ditengah kesedihannya, Karla tetap harus meneruskan kuliahnya di Philadelphia setelah menemui ayahnya terlebih dahulu di Singapura. Yang paling mengejutkan, Will tiba – tiba menemuinya di Singapura. Ia berencana untuk melanjutkan pendidikan di MIT, Boston, USA.
Hubungan mereka berlanjut menjadi sepasang kekasih. Namun ternyata takdir tidak memudahkan jalan mereka hingga akhirnya mereka harus berpisah dan melupakan segala kenangan masa SMA. Mereka berdua telah memiliki hidup dan pasangan masing – masing.
Kini, Will duduk dihadapan Karla dengan borgol membelenggu kedua tangannya. Disebelah kirinya–sebelah kanan Karla-ada cermin lebar sisi ganda yang dibaliknya berdiri sejumlah sersan dan detektif dari kepolisian Cambridge, Massachusetts. Kini namanya dikenal di seluruh Amerika setelah insiden ledakan Edridge & Co, sebuah konsultan telekomunikasi di selatan Boston.
Banyak hal yang ternyata baru Karla ketahui mengenai Will, ia tidak pernah benar-benar bisa menebak apa yang ada dalam pikiran Will, ia juga tidak bisa membuat Will bersikap jujur akan penyakit kanker otak yang dideritanya. Kini ia menyesal tidak mencari Will dari dulu untuk memberi kekuatan padanya walaupun kampus mereka berdekatan. Tidak peduli walaupun Will akan menolaknya ia akan berada disisinya untuk mendukungnya. Tapi semua sudah terlambat.
Will tetap sama seperti dulu, selalu mencintai fisika dan teorinya. Ia selalu bersinar dengan mimpi – mimpinya tentang membuat reaktor nuklir sendiri. Ia tidak tampak tegang atau ketakutan sama sekali. Ia sangat tenang meski saat ini ia dihadapkan pada kenyataan antara hidup dan mati.
Itulah ringkasan cerita novel Forgiven yang memiliki cerita yang sangat menarik. Dalam kisah ini, terjadi banyak konflik yang dialami oleh tokoh – tokohnya. Penulis mampu menggambarkan kehidupan SMA para remaja sekaligus proses kedewasaan dan kehidupan tokoh selanjutnya. Cerita ini terasa sangat nyata karena melibatkan banyak nama tempat dan instansi terkenal. Penulis juga mampu membuat pembaca disetiap babnya semakin ingin membacanya dan mebuat ceritanya semakin menarik.
Penulis juga mampu menyampaikan perasaan tokoh dan amanat dari novel ini dengan bahasa yang menarik. Secara garis besar, penulis menggunakan dua setting tempat yaitu di Indonesia dan Amerika. Walaupun tidak terlalu mendeskripsikan detail tempat – tempat di Amerika, penulis mampu membuat pembaca merasakan suasana di setiap tempatnya. Dengan latar belakang seorang guru bahasa Inggris, tidak heran ia dapat dengan mudah membuat percakapan yang bersetting di Amerika. Novel ini juga memuat banyak perkataan Will, tokoh utama pria yang maniak fisika, mengenai pengetahuan – pengetahuan ilmu Fisika sehingga terdapat banyak istilah – istilah sains modern. Kekurangan kosakata bahasa inggris dan pemahaman teori fisika dapat menjadi hambatan dalam buku ini. Tetapi, tentu saja tidak mengurangi kemenarikkan buku ini.
Novel ini mengajarkan kita tentang persahabatan, kasih sayang, kejujuran, dan kesabaran dalam hidup ini. Novel ini mengungkap bagaimana seseorang tidak bisa dengan mudah mengungkapkan perasaannya, pemikiran manusia yang selalu menahan keinginannya karena berbagai hal. Mengungkapkan bagaimana penderitaan orang yang telah kehilangan arah hidupnya.
Buku ini selain menghibur sekaligus menambah wawasan akan pengetahuan sains modern terutama di bidang fisika.



0 komentar:

Posting Komentar