welcome

SELAMAT DATANG DI BLOG YANG ASIK #ASSIIIK.

Kamis, 12 April 2012


TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB SEBAGAI SISWA 

A.    TUGAS
Tugas definisi umumnya  adalah kewajiban yang harus dikerjakan. Sedangkan dalam lingkungan sekolah, tugas sebagai siswa adalah segala sesuatu berupa perintah maupun larangan yang harus dilakukan oleh siswa.
Tugas sebagai Siswa diantaranya :
1.     Mematuhi Tata Tertib
Sebagai seorang siswa, tentunya kita belajar di sebuah sekolah  yang memiliki tata tertib sendiri. Setiap sekolah pasti tata tertibnya berbeda dikarenakan sosial budayanya berbeda pula. Siswa wajib mematuhi tata  tertib yang berlaku di sekolahnya. Jika tidak,maka ia akan mendapat  hukuman.
2.     Mengerjakan Tugas dari Guru
Dalam setiap pembelajaran, seorang  guru pasti  memberikan tugas sebagai hasil epresiasi siswa dari pembelajaran yang telah dilaksanakan, sejauh mana pemahaman siswa akan materi pembelajaran juga menilai perilaku sisswa   dalam mendapat tugas. Siswa yang tidak mengerjakan tugas, biasanya dianggap tidak menghargai pelajaran tersebut dan hal itu akan menimbulkan pandangan buruk dari guru. Maka dari itu, tugas yang diberikan guru wajib dikerjakan oleh siswa.
3.     Menghomati Guru beserta Staffnya
Menghormati Guru beserta staffnya  merupakan hal penting bagi seorang  siswa, siswa yang tidak menghormati guru maka akan dipandang buruk serta tidak disukai. Sebagai siswa yang baik, hendaknya kita menghormati guru besrta saffnya  dengan sungguh-sungguh.
4.     Belajar dengan  Sungguh-sungguh
Tujuan utama siswa bersekolah adalah belajar,menuntut ilmu dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. Maka dari  itu, tugas  sebagai  seorang siswa adalah belajar  dengan sungguh-sungguh agar memilki banyak imu dan dapat menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa.
B.    TANGGUNGJAWAB
Tanggungjawab adalah keadaan wajib menanggung bila terjadi sesuatu. Berarti, tanggungjawab siswa adalah keadaan dimana siswa wajib menanggung bila terjadi sesuatu yang berhubungan dengan perannya sebagai siswa. Tanggungjawab siswa antara lain :
1.     Menjaga Nama Baik Sekolah
Siswa yang baik akan membawa nama baik sekolahnya pula. Sedangkan siswa yang melakukan hal-hal yang buruk maka akan membawa nama buruk pula bagi sekolahnya. Untuk itu, siswa wajib mempertanggungjawabkan perbuatannya selama di sekolah maupun luar sekolah agar tidak merusak reputasi sekolah.
2.     Merawat lingkungan sekolah
Sekolah adalah tempat yang selalu kita tempati, banyak kegiatan yang  kita lakuan di sekolah seperti belajar dan bermain, hal itu tentu membuate sekolah menjdi tidak bersih. Untuk itu, kita wajib ikut serta dalam mewujudkan kebersihan sekolah
3.     Memaksimalkan Peranan Siswa di Sekolah
Siswa di sekolah tentunya memilliki peranan-peranan tertentu demi mewujudkan lingkungan sekolah sebaik mungkin. Alangkah lebih baik jika kita sebagai seorang siswa dapat memaksimalkan peranan kita tersebut, tidak hanya melakukannya saja agar menjadi nilailebih bagi sekolah pada umumnya dan sisewa pada khususnya.
4.     Tidak mengabaikan tugas
Siswa bertanggungjawwab atas segala perbuatan yang telah dilakukannya,begitu pula ketika ia diberi tugas, maka ia bertanggungjawab mengerjakannya dan tidak mengabaikannya. Jika ia mengabaikannya, maka  ia harus mempertanggungjawabkannya.


C.    FUNGSI DAN PERANAN SISWA
Fungsi dan peranan siswa adalah seperangkat tingkah laku yang diharapkan dapat menunjang keberhasilan sekolah  terhadap siswa sesuai kedudukannya.
1.     Menjaga Nama Baik Sekolah
Salah satu peran siswa adalah menjaga nama baik sekolah, karena nama baik sekolah bergantung pada perilaku siswa-siswinya.
2.     Meningkatkan Prestasi Belajar
Prestasi belajar merupakan hal penting bagi seorang siswa, prestasi belajar dapat menunjang kesuksesan  bagi anak.Dengan meningkatkan prestasi belajar, maka siswa telah mengharumkan nama sekolah.
3.     Melakukan Kegitan Organisasi Sekolah dengan Baik
Sebuah sekolah pasti memilki organisasi intra sekolah yang beranggotakan murid-murid, seperti OSIS dan MPK. Dengan adanya organisasi ini sangat membantu bagi kegiatan-kegiatan di sekolah, selain itu juga dapat  menciptakan keharmonisan hubungan antara guru dan murid. Siswa berperan aktif dalam organisasi  ini.
4.     Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Nyaman
Terciptanya lingkungan sekolah yang nyaman tentunya berasal dari hubungan antar anggota sekolah, terlebih siswa karena jumlahnya yang lebih banyak. Untuk itu, setiap siswa harus memiliki hubungan yang  baik agar  teercipta solidaritas ya tinggi dan lingkungan sekolah yang menyenangkan.

0 komentar:

Posting Komentar